Makanan yang Baik Dimakan Sebelum Tidur

Setelah seharian lelah bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, setiap orang pasti sangat menanti-nantikan bisa tidur nyenyak. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan Anda. Meski belum banyak penelitian mengenai makanan jenis apa yang bisa membantu atau sebaliknya justru membuat Anda sulit tidur, namun pengalaman sehari-hari membuktikan bahwa sejumlah makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak, sementara makanan atau minuman yang lainnya justru membuat Anda sulit tidur, demikian dikatakan Russell Rosenberg, Ph.D., CEO dari National Sleep Foundation. Berikut adalah makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur, seperti dikutip dari Health.com:





1. Buah ceri
Ceri adalah salah satu jenis dari sedikit makanan alami yang mengandung melatonin, zat kimia yang membantu mengontrol jam internal dalam tubuh kita, kata Keri Gans, pakar diet di New York City dan penulis buku The Small Change Diet. Sebuah penelitian – meski hanya dalam skala kecil – menemukan bahwa minum jus ceri membuat sedikit perbaikan dalam lamanya tidur dan kualitas tidur pada orang dewasa yang mengalami insomnia kronis. Banyak orang yang suka bepergian seringkali minum kapsul melatonin untuk melawan jet lag. Jadi jangan ragu lagi makan ceri!
2. Susu
Anda mungkin punya kenangan indah tentang ibu atau nenek Anda yang membuatkan segelas susu hangat untuk membantu Anda cepat mengantuk. Ini bukan sekedar kisah dongeng belaka. Susu mengandung asam amino tryptophan, prekursor serotonin kimia otak. Meskipun topik ini masih dianggap kontroversial, sejumlah orang percaya bahwa tryptophan dan serotonin kemungkinan bisa membuat orang lebih gampang tidur. Atau mungkin hanya dengan segelas susu saja bisa membawa Anda mengenang masa kecil yang menenangkan Anda, yang membuat Anda gampang terlelap.

3. Beras melati
Beras melati atau juga biasa disebut beras wangi Thailand menempati peringkat atas indeks glikemik, yang berarti tubuh mencerna beras ini dengan perlahan, melepaskan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah.
Penelitian tahun 2007 yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi beras melati empat jam sebelum tidur akan memotong setengah dari waktu yang dibutuhkan bagi seseorang jatuh tidur dibandingkan dengan makan makanan lainnya yang memiliki indeks glikemik tinggi pada interval waktu yang sama. Para peneliti menengarai bahwa makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi mungkin akan meningkatkan produksi tryptophan.

4. Sereal
Secara umum karbohidrat baik untuk membuat Anda terlelap, namun bukan berarti Anda bisa makan sekotak kue sebelum tidur atau kapan saja semau Anda. Daripada makan kue, lebih baik makan sereal atau gandum yang mengandung karbohidrat kompleks yang menyehatkan. Yang lebih menggembirakan lagi adalah sereal sangat cocok dipadu dengan susu yang memiliki kandungan yang bisa mendatangkan rasa kantuk. “Itu sama saja mendapatkan dua keuntungan dari satu harga makanan,” kata Rosenberg. Karbohidrat kompleks lainnya adalah kinoa, barley dan gandum hitam.
5. Pisang
Pisang bisa membantu menimbulkan rasa kantuk karena pisang mengandung magnesium dan potasium yang bisa mengendurkan otot secara alami, ujar Gans. Pisang juga merupakan sumber karbohidrat yang akan membantu Anda merasa mengantuk. Nyatanya, pisang mengandung banyak keuntungan. “Secara keseluruhan pisang membawa khasiat untuk kesehatan,” ujar Rosenber. “Kita membutuhkan potasium untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi kognitif.”
6. Ayam kalkun
Sama seperti susu, ayam kalkun mengandung tryptophan, senyawa yang bisa membuat orang gampang merasa ngantuk setiap habis makan ayam kalkun. Namun jika Anda menderita insomnia parah, makanan seperti ayam kalkun atau segelas susu tidak akan banyak membantu Anda. “Anda harus minum banyak susu atau makan ayam kalkun untuk mendapatkan efek yang besar,” jelas Rosenberg. “Tapi kalau Anda membutuhkan sedikit dorongan, maka cara ini mungkin bisa membantu.”
7. Ubi
Ubi adalah makanan cespleng untuk pengantar tidur. Tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks, ubi juga mengandung potasium yang bisa mengendurkan otot. Sumber potasium lainnya adalah kentang yang bisa Anda masak dengan cara dipanggang lengkap dengan kulitnya, kacang lima dan pepaya.
8. Teh akar valerian
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa akar tanaman valerian bisa mempercepat timbulnya rasa kantuk dan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa orang minum teh akar valerian dicampur dengan motherwort, chamomile dan catnip, yang semuanya tidak mengandung kafein yang akan membantu Anda merasa mengantuk. (Sumber:watiratna254.wordpress.com)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment